Rio Waida Atlet Surfing Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021

oleh -148 views
Rio Waida Atlet Surfing Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021
Rio Waida Atlet Surfing Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021

Prediksibolanews – Rio Waida Atlet Surfing Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021. Salah satu cabang olahraga di Olimpiade Tokyo 2021 yang diikuti atlet Indonesia adalah surfing yang bakal dihelat mulai Senin, 25 Juli 2021 hingga Rabu, 28 Juli 2021 di Tsurigasaki Surfing Beach. Dia adalah Rio Waida yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang surfing Olimpiade Tokyo 2021.

Rio Waida lahir di Saitama, Jepang, dengan darah Indonesia mengalir dari ayahnya. Sementara itu, sang Ibu merupakan wanita berdarah Jepang. Bakat emuda berusia 21 tahun tersebut telah diturunkan dari kedua orang tuanya yang memiliki hobi berselancar.

#

Dunia surfing mulai dikenal Rio Waida sejak usia lima tahun saat kedua orang tuanya pindah ke Bali. Awalnya, hobi Rio Waida sempat terhambat kondisi medis, yakni masalah pada hormon pertumbuhan. Namun, Rio tak menyerah dan berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu talenta muda terbaik dalam dunia surfing di Bali.

Prestasi pertama Rio Waida di dunia surfing diawali saat menjadi juara di ajang Quiksilver Young Guns Surf pada tahun 2016. Rio Waida mengalahkan beberapa atlet remaja terbaik dunia dan mendapat hadiah sebesar 10.000 dolar AS. Quiksilver kemudian memberikan sponsor padanya untuk mengikuti berbagai kompetisi internasional.

Masih pada tahun 2016, meski harus mengakui keunggulan peselancar Jepang Yuji Mori, Rio Waida berhasil finis di posisi ketiga Minami Boso Junior Pro 2016, turnamen yang digelar di Chitose Beach, Minamiboso, Chiba, Jepang. Pada Februari 2017, Rio Waida meraih posisi kedua di kompetisi NIB Pro Junior yang diadakan di Newscastle, Australia.

Rio Waida kembali berada di peringkat kedua pada kompetisi Komune Bali Pro 2017. Lagi-lagi, Rio yang mencetak skor 16.56 hanya kalah tipis dari peselancar Australia Brent Dorrington dengan skor 16.67 yang keluar sebagai juara. Berikutnya Rio Waida berhasil meraih gelar juara dalam kejuaraan Hello Pacitan Pro 2017 yang digelar di Pantai Watu Karung, Pacitan. Kala itu ia mengalahkan peselancar Swedia Kian Martin dengan skor telak 15.25 berbanding 9.00.

Rio Waida kembali berada di posisi ketiga pada kejuaraan Ise Shima Pro Junior pada Oktober 2017, Jeep International Hainan Surfing Open 2017, serta Taiwan Open 2017. Rio berhasil membawa pulang tropi World Surfing League (WSL) Asia 2017 karena berada di peringkat pertama dalam WSL Asia 2017.

Tahun berikutnya, Rio berada di posisi kedua Kuri Pro 2018 setelah beradu di babak final dengan rekan satu negara Oney Anwar. Rio kembali berada di podium ketiga pada Taiwan Open World Junior Championship 2018. Dia juga belum mampu membawa gelar juara di Minami Boso Junior Pro. Namun, masih pada tahun yang sama. Rio berhasil menyabet gelar juara Ise Shima Pro Junior 2018 setelah mengalahkan peselancar Jepang Yuji Nishi. Dia juga berhasil menjuarai Billabong Junior Series Ballito 2018.

Berlanjut pada 2019, Rio memenangkan posisi kedua di kompetisi Murasaki Shonan Open. Dia juga harus puas di peringkat ketiga White buffalo Hyuga Pro 2019. Meski begitu, dia berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menyumbang medali perak di pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2019.

Tehnik surfing Rio Waida tergolong luar biasa yang berbasis pada kecepatan dan tube riding (berselancar dengan baik di dalam kurva atau laras gelombang pecah berbentuk halus). Selain itu, pemuda kelahiran tahun 2000 tersebut juga memiliki keunggulan dalam hal timing dan bermain dengan baik saat angin berhembus kencang, semua hal yang dibutuhkan untuk berselancar di ombak terbaik dunia.

Pada Olimpiade Tokyo 2021, Rio Waida akan memulai kompetisi dari putaran pertama pada hari Senin, 25 Juli 2021 di Tsurigasaki Surfing Beach yang bertarung dalam 4 heat. Pada kesempatan tersebut, juri akan memilih 2 peselancar sebagai pemenang yang berhak melaju ke babak selanjutnya, sementara 3 peserta yang kalah akan tersingkir dari kompetisi.

Rio Waida Atlet Surfing Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021 didaulat sebagai pembawa bendera Merah Putih kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli mendatang. Untuk diketahui, surfing dalam Olimpiade Tokyo 2021 bakal dibagi menjadi kategori putra dan putri. Akan ada 20 atlet putra dan 20 atlet putri yang telah lolos kualifikasi. Semuanya akan bertarung untuk memperebutkan medali.

#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *