PSSI Kirim Persija dan Bali United ke Piala AFC 2021

oleh -16 views
pssi-persija, bali-united

Prediksi Bola News – Hasil rapat Komite Eksekutif PSSI yang digelr secara virtual pada hari Selasa, 16 Desember 2020 kemarin memutuskan Persija Jakarta dan Bali United menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Keputusan ini diambil disaat kompetisi Liga 1 Indonesia 2020 ditangguhkan akibat pandemi Covid19.

PSSI terpaksa menentukan wakil Indonesia di Piala AFC dengan penunjukkan karena kompetisi Shopee Liga 1 2020 baru berjalan tiga pekan. Penunjukkan Bali United dan Persija mengacu ke hasil musim 2019 sebagaimana sudah diindikasikan PSSI sebelumnya. Pada umumnya, yang mewakili Indonesia merupakan pemenang dari kompetisi Liga 1. Itulah mengapa digelar rapat komite eksekutif karena Indonesia harus segera menyetor nama wakil mereka ke pihak AFC.

#

Pada awalnya, terdapat tujuh klub yang menjadi kandidat untuk mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2021. Ketujuh klub tersebut dipilih karena sudah memenuhi persyaratan untuk tampil di level internasinoal seperti AFC. Mereka adalah Borneo FC, Bali United, Persib Bandung, Arema FC, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan Bhayangkara Solo FC. Akan tetapi, hanya ada dua klub saja yang akan mewakili Indonesia.

Setelah melakukan rapat yang dipimpin langsung Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, maka dipilihlah Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Tanah Air di Piala AFC 2021. Pasalnya, Bali United merupakan kampiun Liga 1 2019, sedangkan Persija runner-up Piala Indonesia 2018-2019.

Seharusnya penentuan wakil Indonesia mengacu ke hasil musim 2020. Namun Shopee Liga 1 baru berjalan tiga pekan, sementara Piala Indonesia belum terselenggara sama sekali. “Dua tim ini (Bali United dan Persija) juga memenuhi persyaratan dan mendapatkan lisensi klub profesional saat proses AFC club licensing cycle. Semoga kedua tim tersebut dapat meraih prestasi di ajang Piala AFC 2021,” ujar Iriawan.

Indonesia berhak atas dua tiket Piala AFC 2021 dengan rincian satu klub juara Shopee Liga 1 2019 akan otomatis masuk fase grup. Sementara satu klub lagi yakni juara Piala Indonesia 2018/2019 harus mengawali dari babak kualifikasi Piala AFC. Musim lalu, Bali United dan PSM Makassar menjadi wakil Indonesia di Piala AFC. Akan tetapi, AFC memutuskan untuk menghentikan turnamen di tengah jalan menyusul pandemi virus corona.

#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *